Taukah kamu apa itu gas spontan pada motor? Pada umumnya gas
spontan banyak digunakan oleh pembalap motor,
sebab jarak diameter pada saat gas ditarik tidak terlalu panjang . sedangkan
pada gas motor yang standar biasanya mempunyai jarak diameter yang sedikit
panjang, oleh karenanya saat gas motor
ditarik terlalu panjang dan lama tangan mudah pegal. Di bawah ini beberapa
ulasan tentang fungsi dan manfaat gas spontan yang terdapat pada motor.
Gas spontan merupakan
gas motor yang jarak diameternya menjadi lebih pendek, sehingga
tarikan gasnya sangat minim, akan tetapi
memaksimalkan kecepatan laju motor
hingga titik akhir. Itulah alasan kenapa
disebut gas spontan.
Jadi, gas motor yang pada umumnya menggunakan gas standar
yang jarak diameternya lebih panjang, sedangkan untuk gas sepontan jarak
diameternya lebih pendek, dan gas spontan ini kebanyakan digunakan oleh pemuda
pemuda yang memiliki hobby balapan motor, karena dengan tarikan gas motor spontan ini akan memaksimalkan
kecepatan motor di arena balapan.
Apabila motor kalian sudah memiliki kecepatan yang sangat bagus, ditambah lagi dengan pemasangan
gas spontan, maka tarikan motor kalian bisa melaju dengan kecepatan yang luar
biasa. Sebaliknya jika motor kalian kecepatannya biasa biasa saja maka laju
motornya tidak terlalu kuat.
Nah…menurut kalian kerenan yang mana yah? Yang gas standard
atau yang gas spontan? Yang jelas semuanya bagus, tergantung keperluan
atau keinginan kita sendiri. Jika kalian ingin speda motor yang tarikan gasnya
pendek dan cepat kalian bisa memilih menggunakan gas spontan, jika ingin
tarikan gasnya normal seperti biasanya, kalian bisa tetap memakai gas standard.
Untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini contoh gas
spontan :
Disaat memutar gas dengan memakai gas spontan maka mesin
motor tersebut akan lebih cepat menuju RPM tinggi di bandingka dengan motor
yang menggunakan gas standard.
Fungsi daripada gas spontan ini adalah untuk memaksimalkan
putaran saat pengendara motor memutarkan bagian grip pada gasnya. Peminat gas
spontan ini sangat banyak, terutama mereka yang mempunyai motor cross sudah
pasti mereka menggunakan gas spontan. Karena
bentuk sirkuit motor cross jaraknya lebih pendek, setelah itu naik dan turun untuk
trek yang dilewatinya. Ada juga loh yang sampai terangkat ke udara jadi
pengemudi motornya sedikit kesulitan memutar
gasnya jika putaran gasnya terlalu
berlebihan. Oleh sebab itu untuk
memudahkan dan juga supaya lebih cepat tertuju ke putaran mesin pada RPM tinggi
terbentuklah gas spontan untuk motor cross.
Dimasa sekarang ini gas spontan telah diapplikasikan dengan
berbagai jenis motor, tidak hanya pada motor cross tapi pada lomba balap motor
underbone dan juga drag race.
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan gas spontan yang perlu
kalian ketahui, diantaranya:
Kelebihan pada gas spontan tentunya lebih cepat dan singkat
dalam putaran posisi pengaturan bukanya karburator disaat kita mengemudi sepeda
motor atau saat sedang balapan. Akan tetapi banyak juga loh yang salah
mengartikan hal ini yakni motor yang mesinnya memiliki tenaga yang dibawah standard
menggunakan gas spontan, dan akan berakibat fatal. Artinya ketika suplay
kebutuhan bahan bakar yang disuplay tidak sesuai dengan yang dibutuhkan oleh
mesin tersebut hingga bahan bakarnya akan terbuang sia sia loh. Contohnya ketika
kita sedang memakan sesuatu dan masih mengunyah tapi kita malah tambah satu
atau dua suap lagi sehingga pada mulit kita akan penuh dan sulit untuk
mencernanya dan mungkin kita akan membuangnya
lagi. Jadi kalian bisa bayangin sendirikan…dari contoh sederhana itu
berlaku untuk gas spontan pada mesin yang lambat. Jika dalam lomba balapan
motor harus perlu dicermati lagi yah guys tidak hanya asal pasang.
Nah…jika gas spontan dipasngkan pada motor yang tenaga mesinnya kuat dan bagus (motor cross), maka memang gas spontan ini dibutuhkan karena bukaanya cepat dan perputan mesin bakarnya juga cepat ketika menyuplai langsung terbakar dan out.
Nah…jika gas spontan dipasngkan pada motor yang tenaga mesinnya kuat dan bagus (motor cross), maka memang gas spontan ini dibutuhkan karena bukaanya cepat dan perputan mesin bakarnya juga cepat ketika menyuplai langsung terbakar dan out.
Bagaimana dengan MotoGP dan Superbike? Apakah keduanya
menggunakan gass spontan?
Berdasarkan beberapa sumber yang kami peroleh dari internet,
jawabannya itu adalah tidak, kenapa demikian? Sebab motoGP dan Superbike srkuit
yang dilaluinya sangat panjang dan terdapat
beberapa tikungan tajam, sehingga para rider memerlukan cara halus cara
menarik gas supaya tidak tergeser ketika membuat gas motonya. Jika masih
penasaran, mungkin kalian bisa datang ke pameran motor dan disana kalian bisa
mencobanya pada moge (moor gede) atau motor sport lainnya saat gasnya ditarik pasti jarak diameternya lebih
panjang.
Jadi itulah rangkuman tenang gas spontan untuk motor, kalau
perputan mesin motor kalian rendah lantas ingin menggunakan gas spontan,
pilihlah gas spontan yang menggunakan perputaran panjang dan jika ingin
menggunakan gas spontan yang perputarannya pendek otomatis motornya akan boros
bahan bakar minyak.
Sekian informasi tentang Fungsi dan Manfaat Gas spontan
untuk Motor, semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih karena sudah mampir di
blog ini, don’t forget to like comment
and share yah guys…!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar